Monday, April 23, 2007

Pencangkokan Ginjal Klasnic Berhasil

Ivan Klasnic merasa baik setelah menjalani pencangkokan ginjal dan akan bisa kembali bermain musim kompetisi mendatang, kata pemain depan Werder Bremen asal Kroasia itu dalam wawancara yang disiarkan Sabtu (21/04).

"Saya ingin kembali ke lapangan secepat mungkin. Tapi tiak ingin memaksakan diri. Belum lama ini saya coba menyentuh bola, rasanya senang. Tiap langkah kecil merupakan kemajuan. Saya rencanakan kembali bermain musim kompetisi mendatang," kata Klasnic kepada koran Jerman Bild.

"Saya merasa baik. Pekan lalu saya mulai naik sepeda dan kini berlangsung baik. Tapi pelan-pelan. Yang menggembirakan bahwa saya tak menghadapi masalah dan tidak merasa sakit."

Klasnic, (27), menerima ginjal dari ayahnya bulan lalu. Pencangkokan pertama gagal karena tubuhnya menolak ginjal itu yang disumbangkan ibunya Januari lalu.

Masalah ginjalnya pertama diketahui pada November 2005, tapi Klasnic tetap bermain sampai akhir tahun lalu sebelum dokter mengatakan diperlukan pencangkokan.

Atlet yang kembali beraksi setelah pencangkokan ginjal termasuk pemain rugby Selandia Baru Jonah Lomu, pebasket Amerika Alonzo Mourning dan juara dunia angkat bersi Italia Norberto Oberburger.

Klasnic mengatakan, dia akan melindungi ginjal cangkokan itu pakai ikat pinggang begitu dia mulai bermain dan menambahkan dia akan membuat sejarah di lapangan.

"Saya akan jadi bintang pertama Bundesliga dengan tiga ginjal. Mungkin bisa masuk buku Guiness World Records. Di masa lalu nama julukan saya adalah killer dan segera orang akan memanggil saya phenomenon," katanya.

No comments: